1. Pengertian E-Commerce
E-Commerce) adalah penyebaran,
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik
seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce
dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www,
e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases),
surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti
halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
2. Jenis-Jenis E-Commerce
·
B2B ( Bussines to Bussines )
B2B adalah transaksi secara
elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya,
dapat disimpulkan B2B adalah :
Disebut juga transaksi antar
perusahaan. Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan
jasa, informasi & konsultasi
Digunakan untuk pengiriman dan
permintaan proposal bisnis.
keterangan :
EDI - singkatan dari Electronic
Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis
antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan
menggunakan format standar yang telah disepakati.
·
B2C (Bussines to Consument )
B2C adalah kegiatan E-businesses
dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa.
Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan
oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. kelebihan dari B2C adalah sebagai
berikut :
Disebut dengan transaksi pasar. Konsumen
mempelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi. Membeli dengan electronic
cash & sistem secure payment. Meminta agar barang dikirimkan.
·
C2C ( Consumer to Consumer )
C2C adalah model e-commerce yang
menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan
toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan
layanan blog gratis seperti blogspot).
C2C terjadi seorang individu
melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.
3. Masalah E-Commerce
- Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
- Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
E-Bussiness
1. Pengertian E-Bussiness
e-Business atau Electronic
business adalah aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung
dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan cara memanfaatkan internet
sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi
internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan
pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai
proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang,
hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan
jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO
dari IBM.
2. Manfaat E-Bussiness
Manfaat e-business bagi perusahaan
- Memperluas pasar hingga mancakup pasar nasional dan pasar global
- Menekan biaya penyusunan, memproses, mendistribusikan, meyimpanan dan mengakses informasi berbasis kertas
- Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan prpduk/jasa.
- Memperpendek jarak
- Efisien
- Perluasan jaringa mitra
- Cash flow terjamin
Manfaat e-business bagi konsumen
- Memungkin konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainny setiap saat (24 jam sehari) dan dimana saja
- Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
- Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk atau jasa yang lebih murah.
- Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalan electronic communities dan saling bertukar gagasan serta pengalaman.
- Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon subtansional bagi pelanggannya.
Manfaat
e-business bagi masyarakat
- Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah dan jarang berpergian untuk belanja, sehingga kemacetan dan populasi udara berkurang.
- Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga murah, sehingga harga terjangkau.
- Memungkinkan masyarakat di Negara berkembang dan kawasan perdalaman menikmati produk dan jasa relative langka di tempat tinggalnya atau jarak yang jauh untuk memperolehnya.
- Peluang kerja baru
Manfaat
e-business bagi dunia akademis
- Tantangan baru
- Para peneliti tertantang untuk melakukan analisis terhadap pergeseran pola bisnis
- Membuka kerangka baru dalam penjualan jasa pendidikan
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://kelompok2bsicimone.blogspot.co.id/2013/05/jenis-jenis-dan-contoh-e-commerce_2.html
https://id.wikipedia.org/wiki/E-business
http://abdiherlambang9.blogspot.co.id/2013/12/pengertian-dan-manfaat-e-business.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar