A. Pengertian Animasi(Definition of Animation)
Animasi berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu animate
yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi
merupakan proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati, kemudian secara
berurutan disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Animasi pada awalnya bisa dikatakan sangat sederhana, namun
sekarang telah berkembang dan dibedakan menjadi 3 teknologi , yaitu
- Animasi dua dimensi (2D),
- Animasi tiga dimensi (3D),
- Animasi clay.
Animation is derived from a word in the English language ,
which means that animate animate , give life and inanimate objects shaking .
Animation is the process of creating objects originally an inanimate object ,
then sequentially arranged in different positions seems to be alive. Animation was originally said to be very simple , but has
now grown and differentiated into three technologies , namely
- Animation of two -dimensional ( 2D ) ,
- Animation of three -dimensional ( 3D ) ,
- Clay animation .
- Animasi 2 Dimensi (2D)
Animasi 2D adalah penciptaan gambar bergerak dalam
lingkungan dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut,
atau “frame”, yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar menunjukkan
berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah.2 tipe dari 2D animation :
- Cel animasi
- Path animasi
a. Animasi Cel
Animasi Cel berasal dari kata “celluloid”, yaitu bahan dasar
dalam pembuatan animasi jenis ini ketika tahun-tahun awal adanya animasi.
Animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal,
masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi.
misalnya ada tiga buah animasi cel, cel pertama berisi satu animasi karakter,
cel kedua berisi animasi karakter lain, dan cel terakhir berisi latar animasi.
Ketiga animasi cel ini akan disusun berjajar, sehingga ketika dijalankan
animasinya secara bersamaan, terlihat seperti satu kesatuan. Contoh animasi
jenis ini adalah film kartun seperti Tom and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif
Conan.
b. Animasi Path
Animasi Path adalah animasi dari objek yang gerakannya
mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah
animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi
path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai
kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan
teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan
sebagai lintasan gerakan objek.
2D animation is the creation of moving pictures in a two-
dimensional environment . This is done with a sequence of consecutive images ,
or " frames " , that simulate motion by each image showing the next
in a gradual development of a step- langkah.2 types of 2D animation :
- Cel animation
- path animation
a. animation
Cel
Animation Cel comes from the word " celluloid " ,
which is a basic ingredient in the manufacture of this type of animation when
the early years of animation . Animation cel is sheets that form a single
animation , each cell is a separate section as animated objects . for example,
there are three pieces of cel animation , cel animation contains one character
first , second cel animation contains other characters , and the latter
contains background animation cel . Third cel animation will be arranged in
rows , so that when the animation run concurrently , looks like a single unit.
Examples of this type of animation is a cartoon like Tom and Jerry , Mickey
Mouse and Detectif Conan .
b .
animation Path
Path animation is animation of the object motion follow a
predetermined trajectory line. Examples of this type of animation is an
animated train moving in the rail track . Usually in a given path animation
looping animation, so the animation keeps repeating until it reaches a certain
condition. In Macromedia Flash, animations obtained with this type of path
animation technique , this technique uses a separate layer which is defined as
the trajectory of the object movement.
2. Animasi 3 Dimensi (3D)
Animasi 3D adalah objek animasi yang berada pada ruang 3D. Objek
animasi ini dapat dirotasi dan berpindah seperti objek riil.
Proses pembuatan grafis komputer 3D dapat dibagi secara
sekuens menjadi 3 fase dasar:
- Modeling : Proses menyusun bentuk sebuah objek dengan membuat kontur yang luas dan struktur dari objek 3D dan adegan.
- Animation : Mendefinisikan perpindahan objek.
- Rendering : Proses mengeneralisasi sebuah gambar dari sebuah model dengan memberikan atribut objek seperti warna, tekstur permukaan dan kadar transparansi dengan menggunakan program komputer.
3D animation is animation objects that are in the 3D space .
This animated object can be rotated and moved like real objects .
The process of creating 3D computer graphics sequences can
be divided into three basic phases :
- Modeling : The process of preparing the shape of an object by making the broad contours and structure of 3D objects and scenes .
- Animation : Defining the object displacement .
- Rendering : The process generalize a picture of a model with a give object attributes such as color , surface texture and transparency levels by using a computer program .
3. Animasi Clay (Clay Animation)
Film animasi clay pertama diliris bulan Februari 1908
berjudul A Sculptor’s Welsh Rarebit Nightmare. Kalau masih susah membayangkan
seperti apa animasi clay ini, tonton saja film Bob the Builder di TV, Wallace
and Gromit, atau Chiken Run. Tokoh-tokoh dalam animasi clay dibuat dengan memakai rangka
khusus untuk kerangka tubuhnya. Lalu, kerangka ini ditutup dengan plasticine
sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini,
seperti kepala, tangan, kaki, bisa dilepas dan dipasang lagi.
Released first clay animation movie In February 1908 , A
Sculptor 's Welsh Rarebit Nightmare . If it is still hard to imagine what this
clay animation , just watch the movie Bob the Builder on TV , Wallace and
Gromit , Chicken Run or . The characters in clay animation made using a special
order for the skeleton . Then , this framework covered with plasticine figures
according to the form you want to create . Body parts of this framework , such
as the head , hands, feet , can be removed and installed again .
B. Jenis-Jenis Animasi (Type of Animation)
1. Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation)
Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena
dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat)
sebagai objek yang digerakkan .Tehnik stop-motion animation merupakan animasi
yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang
lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini
memiliki tingkat kesulitan dan
memerlukan kesabaran yang tinggi.
2. Animasi Tradisional (Traditional animation)
Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum
dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah
yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Tradisional animasi
juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada
celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang
sering kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan
digambar satu persatu di atas cel.
Traditional animation technique animation is most
commonly known to date . Named because of traditional animation techniques were
used during the animated first developed . Traditional cel animation is also
often referred to as technical animation process is done in a transparent
celluloid which at first glance very similar to the OHP transparencies that we
often use . In the manufacture of traditional animation , each stage of
movement drawn one by one on top of the cel.
3. Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)
Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan
dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur
gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian
suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.
As the name implies , this whole animation is done by using
a computer . From character creation , set the move "players " and
cameras , voting , and effeknya special everything was done with a
computer.
Sumber (Source)
http://www.satriamultimedia.com/artikel_mengenal_teori_animasi.html
http://library.smknubalikpapan.sch.id/pengertian-animasi-2d-dan-animasi-3d/
http://marcoturnip.blog.widyatama.ac.id/2014/06/14/pengertian-prinsip-prinsip-dan-perbedaan-animasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar