Pemodelan geometris adalah cabang dari matematika terapan
dan komputerisasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk
mendeskripsikan bentuk secara matematis. Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan
dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi
matematika bentuk. Bentuk belajar di
pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau 3D, karena 2D adalah model yang
penting dalam komputer tipografi dan gambar teknik. Tiga dimensi model adalah
pusat untuk computer aided design dan manufacturing (CAD / CAM), dan banyak
digunakan dalam bidang teknik seperti sipil dan mechanical engineering,
arsitektur, geologi dan medis pengolahan gambar.
Geometris model
yang bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk, posisi, orientasi,
warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga terdapat tingkat-tingkat
kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti menghubungkan beberapa bentuk sudut
pada permukaan bebas karena bentuk sudut tersebut harus pas dan teliti
ukurannya agar gambar terlihat nyata
"Geometric modeling is a branch of applied mathematics
that studies the geometry and computerized methods and algorithms to describe
shapes mathematically. Geometric modeling
is a branch of applied mathematics and computational geometry are studied
methods and algorithms for mathematical description form . Form of study in
geometric modeling are mostly 2D or 3D , because 2D is an important model in
computer typography and drawing techniques . Three -dimensional models are
central to computer aided design and manufacturing ( CAD / CAM ) , and is
widely used in fields such as civil engineering and mechanical engineering ,
architecture , geology and medical image processing.
Geometric model
that can be displayed on a computer such as the shape / form , position ,
orientation , color / texture , and light . In goemetris models also there are
degrees of difficulty to create an object such as connecting multiple forms an
angle on the free surface because the angle must fit the shape and size
carefully so that the image looks real"
Bentuk yang dipelajari dalam pemodelan geometris biasanya
antara lain bentuk dua atau tiga dimensi, meskipun banyak alat-alat dan
prinsip-prinsip yang dapat diterapkan untuk setiap set berdimensi selanjutnya.
Teknik pemodelan geometri juga merupakan variabel mendasar dari aplikasi
teknologi virtual set. Saat ini kebanyakan pemodelan geometris dapat dilakukan
oleh komputer dan ke komputer berbasis aplikasi.
"Forms studied in geometric modeling typically include
two or three-dimensional form , although many of the tools and principles that
can be applied to any set of dimensionless next. Geometry modeling technique is
also a fundamental variable of technological applications of virtual sets.
Currently most geometric modeling can be done by computer and computer -based
applications."
Model geometris biasanya dibedakan dari model prosedural dan
berorientasi objek, yang menentukan bentuk implisit oleh algoritma yang
menghasilkan penampilan buram. Mereka juga kontras dengan gambar digital dan
model volumetrik yang mewakili subset dari bentuk baik sebagai partisi biasa
ruang, dan model fraktal yang memberikan definisi rekursif tak terbatas
formulir. Namun, perbedaan ini sering kabur: misalnya, gambar digital dapat
diartikan sebagai seperangkat kotak berwarna, dan bentuk geometris seperti
lingkaran didefinisikan oleh persamaan matematika implisit. Juga, model menghasilkan
model parametrik fraktal atau implisit ketika definisi rekursif dipotong dengan
kedalaman terbatas.
"Geometric models are usually distinguished from procedural
and object-oriented models , which determine the shape implicitly by the
algorithm that generates opaque appearance . They also contrast with digital
images and volumetric models that represent a subset of the form of either a
regular partition space , and fractal models that provide an infinite recursive
definition of the form. However , this distinction is often blurred : for
example , a digital image can be interpreted as a set of colored squares and
geometric shapes like circles implicitly defined by mathematical equations .
Also , the model produces a parametric model of fractal or recursive definition
implicitly when cut with limited depth."
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke
suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
– Shape/bentuk
– Posisi
– Orientasi (cara pandang)
– Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)
– Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric
(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
– Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)
"The transformation from a concept ( or a real object )
into a geometric model that can be displayed on a computer :
- Shape / form
- Positions
- Orientation ( point of view )
- Surface Properties / Surface characteristics ( color ,
texture )
- Volumetric Properties / Characteristics volumetric (
thickness / solid , light spread )
- Lights / light ( light levels , kinds of color )"
Elemen-elemen pembentuk grafik geometri :
- Titik
- Garis
- Polygon
- Kurva
- Lingkaran
"The elements forming the geometry chart :
- point
- Outline
- Polygon
- curve
- Circle"
Elemen-elemen pembentuk grafik warna :
1. Sistem visual
manusia
2. Kubus warna RGB
(sistem koordinat R,G,B sebagai axes)
3. Model warna C,M,Y
4. True Color
5. Indexed color
6. High Color
"The elements forming the color chart :
1. The human visual
system
2. RGB color cube (
coordinate system R , G , B as axes )
3. Model color C , M
, Y
4. True Color
5. Indexed color
6. High Color"
Teknik Geometris secara:
1. The Hack
2. The Good
3. Splines
4. Implicit Surfaces
5. Subdivision
Surfaces
6. The Gracefully
Degraded
Perbedaan Grafik 3D dan 2D
Bentuk sederhana dari grafik komputer ada 2 yaitu :
1. Grafik komputer 2 Dimensi
Biasa disebut dengan 2D atau bidang adalah bentuk dari benda
yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi merupakan teknik penggambaran
yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak). Agar
dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini
harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi
yang digunakan.
"Commonly referred to as 2D or field is the shape of
the object that has length and width . Figure 2 Dimensions of an imaging
technique which is based on the coordinates of the x-axis ( flat ) and the
y-axis ( vertical ) . In order to perform perfectly , the image will be shown
with this technique should have a value of x and y coordinates of a minimum of
0 and a maximum of resolution used."
2. Grafik komputer 3 Dimensi
Biasa disebut 3D atau adalah bentuk dari benda yang memiliki
panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg
berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu
z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari
pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga
Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk
pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan
variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri
(bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis
dalam memainkan game komputer.
"Commonly called 3D or is the shape of the object that
has length , width , and height . Figure 3 Dimensions is an imaging technique
that based on the x-axis coordinate point ( flat ) , the y-axis ( vertical),
and z-axis ( tilted ) .Representasi of 3 -dimensional geometric data as a
result of the processing and delivery of light effects to 2D computer graphics
. Three Dimensional , normally used in the handling of graphics . 3D in general
refers to the ability of a video card ( link) . Currently the video card uses a
variation of instructions embedded in the video card itself ( not from the
software ) to achieve a more realistic result graphs in playing computer
games."
Sumber (Source) :
http://aaf-aafwulan.blogspot.com/2011/10/pemodelan-geometris.html
http://no21reason.blogspot.com/2011/10/pemodelan-geometris-2d.html
http://royanggara.wordpress.com/2011/10/29/pemodelan-geometris-2d3d/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar